Pemrograman Bahasa Rakitan (Assembly)


Malam ini saat hujan begitu deras, dan konkesi internet yang naik turun kaya ingus, dan terkadang seperti kura-kura yang sedang berlari, saya harus mengerjakan tugas yang besok siang harus di serahkan pada Pak Dosen ..
Tugasnya hanya merangkum seOnggok Artikel yang jelas ( bagi yang faham :D ) singkat, dan padat, Artikel tersebut betjudul "Pemrograman Bahasa Rakitan alias Assembly " yang saya COPAS dan di edit sedikit dari mardziyant.wordpress.com ..
Judul yang sedikit aneh ini merupakan matakuliah yang saya ambil di semster 3 ini, dan semoga saja matakuliah ini bisa bershabat dengan saya ..
oke daripada banyak bicara langsung saja ke TKP ..



Sebagai pengantarPEMROGRAMAN BAHASA RAKITAN, maka kita harus tahu dulu secara gamblang bagaimana sebetulnya konsep kerja dari komputer dan posisi bahasa pemrograman dalam keikutsertaanya dalam menerima data, mengolah dan menghasilkan output yang bisa di nikmati oleh user.
Seperti sudah kita ketahui bersama bahwa yang namanya sistem komputer itu terdiri dari 3 elemen yaitu : Hardware, Software, Brainware

aktivitas komputer pada intinya yang bekerja adalah hardware. Mengapa? Karena hardware adalah salah satu elemen komputer yang betul-betul riil, yaitu bisa kita lihat dan sentuh secara fisik. . Ada yang terbentuk dari bahan elektris maupun non elektris. Elemen itulah yang sebetulnya secara inti bekerja sehingga komputer bisa menghasilkan keluaran berupa informasi.

Nah, pernahkanh anda berfikir bagaimana cara hardware bekrja? apakah dikendalikan oleh si software? kalau di kendalikan si Software knapa si Hardware mau saja di kendalikan ?? Tanya kenapa ?

jadi begini ceritanya :
kenapa hardware bisa bekerja , karena ada si software, terus software itu apa ?? "software merupakan susunan perintah yang dibuat oleh manusia kemudian ditanamkan kedalam media penyimpan yang nantinya akan dipindahkan ke dalam pengolah (processor) untuk melakukan tugasnya mengatur dan memerintahkan para hardware untuk bekerja. selain itu softwarepun berfungsi sebagai media perantara atau lebih kerennya dikenal sebagai salah satu interface bagi brainware."
 terus yang membuat software siapa ? ya Brainware atau PROGRAMMER.  maka itu, para brainware bisa memerintahkan si hardware untuk  bekerja dan menghasilkan apa yang diinginkan karena perintah-perintahnya sudah disusunkan oleh si programmer.
Nah, perintah - perintah tersebut menggunakan bahasa yang tidak lazim di dengar oleh telinga manusia yaitu bahasa rakitan / asembly .. kalo ngomongin soal bahasa yang digunakan untuk memerintah komputer, ada beberapa tingkatan bahasa pemograman yang di gunakan untuk memerintah kopmuter :

1. Bahasa Tingkat Tinggi (Ex. Delphi, VB, PHP)
2. Bahasa Tingkat Menengah (Ex. C/C++)
3. Bahasa Tingkat Rendah (Rakitan/Assembly)

Bahasa rakitanpun punya kelebihan , yaitu :
1. Ukuran program lebih kecil, sehingga bisa ngirit media penyimpanan
2. Lebih dekat dengan hardware, sehingga kita bisa benar-benar memanfaatkan seluruh kemampuan komputer
3. Bisa dibuat modular alias terpisah-pisah
4. Memiliki fasilitas makro

Selain kelebihan-kelebihan diatas, Bahasa Rakitan dapat diterapkan tidak hanya pada Personal Computer saja melainkan bisa kita gunakan sebagai program dari mikrokontroler.

Jadi Bahasa rakitan adalah sebuah mantra untuk mengendlikan komputer dan teman-temannya ,, :D ( itu menurut saya )

Oke, sekian dulu Artikel tentang bahasa rakitan yang saya copas dan edit sedikit, dan semoga bermanfaat  ...

sumber :: http://mardziyant.wordpress.com/2012/09/06/pemrograman-bahasa-rakitan-alias-assembly-language-1/

Comments